Jumat, 09 November 2012

Linux Sistem Administrator-Centos


A. PENGENALAN LINUX 
Apakah linux itu? Linux merupakan sebuah sistem operasi dengan kemampuan multiuser dan multitasking yang bersifat free. Free disini bukan diartikan sebagai gratis tetapi berarti kebebasan seperti yang tertuang dalam lisensi yang dimiliki oleh Linux yaitu GNU GPL (GNU is Not General Public License). Perangkat lunak yang mempunyai lisensi GNU GPL akan menjamin 3 (tiga) kebebasan bagi para penggunanya, yaitu: 

  1. Kebebasan untuk menjalankan perangkat lunak tersebut agar sesuai dengan tujuan apapun. 
  2. Kebebasan untuk mengubah perangkat lunak tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. 
  3. Kebebasan untuk mendistribusikan salinan nya, baik secara gratis maupun dengan biaya.


Dalam pengembangannya GNU/Linux sendiri dikembangkan terpisah misalnya kernel Linux dibuat oleh Linux Benedict Tolvalds pada tahun 1991, Donal Knuth membuat standar formatter (Tex), Bob Schefler mengembangkan X Windows dan sebagainya. B. Sejarah Linux Pembuatan linux dianggap suatu hob tetapi setelah dilepas keinternet ternyata mendapat tanggapan yang luar biasa dari programmer diseluruh dunia yang tergabung dalam suatu newsgroup. Selanjutnya linux dikembangkan oleh linux dibantu oleh programmer dari seluruh dunia melalui internet. Nama linux meupakan kombinasi unik antar penciptanya dan nama sistem operasi yang menjadi targetnya (UNIX) semuanya berawal dari sebuah sistem operasi bernama minix.minix yang dibuat oleh professor Andrew Tanenbaum. 

Minix adalah sistem operasi mirip UNIX yang bekerja pada PC. Torvald adalah salah seorang mahasiswa di Universitas Helsinki yang menggunakan minix. Walaupun cukup bagus, ia belum menganggap minix memadai. Kemudian tahun 1991 ia membuat sistem operasi yang merupakan clone UNIX, yang diberi nama linux.seperti halnya minix, linux tidak menggunakan kode apa pun dari vendor UNIX komersial sehingga torvalds mendistribusikan linux di internet secara bebas dan gratis. Saat ini ada tujuh distribusi linux paling terkenal yaitu : 

  1. Redhat linux distributor paling popular di AS dan salah satu yang paling mudah digunakan mandrake linux,distributor yang menambahkan update dan patch untuk redhat linux caldera open linux,distribusi linux dengan instalasi dan lingkungan pengguna berbasis grafis yang bagus. 
  2. Suse linux, distribusi linux paling popular di Eropa yang juga menyediakan perangkat instalasi dan panduan berbahasa Indonesia. 
  3. Slackware 
  4. Debian GNU/linux 
  5. Turbo linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar